Berita Sepakbola / Berita Terbaru / Liga Inggris

Faktor Kegagalan Pep Guardiola Di Musim Pertama Bersama City

pep guardiola

 

Pep Guardiola mengawali dengan buruk di musim perdana sebagai pelatih Manchester City. Dia merasa bahwa kegagalannya itu tak lepas dari skuat lama City.

Peracik taktik asal Catalan itu dipercaya untuk membesut The Citizens guna menggantikan Manuel Pellegrini di tahun lalu. Keberhasilannya dengan Barcelona dan Bayern Munich menghadirkan ekspektasi besar buat Guardiola.

City pun langsung merekrut sejumlah pemain baru seperti Ilkay Guendogan, Nolito, Leroy Sane, John Stones, Claudio Bravo, serta Gabriel Jesus. Sane memang bermain cemerlang, tapi Guendogan dengan Gabriel Jesus tak bisa berkontribusi penuh lantaran cedera, sementara Stones dan Bravo masih kesulitan dalam beradaptasi dengan tim.

Untungnya, penampilan City menjadi lebih baik ketika Vincent Kompany mulai bermain lagi. Tapi, di akhirnya mereka harus puas dengan semusim penuh tanpa titel juara sekaligus mengukir catatan musim terburuk dalam karier Guardiola.

“Musim 2016/2017, saya memainkan 8 maupun 9 pemain di Premier League yang direkrut oleh Manuel Pellegrini,” ucap Guardiola kepada salah satu media. “Mereka memang pemain-pemain yang oke, namun Anda mesti memudakan tim lagi. Mereka merupakan salah satu tim paling tua di Premier League.”

“Saat ini Txiki [Bergiristain, direktur olahraga City] tengah berupaya melakukan perubahan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tim. Alhasil kami membuat tim kembali muda dengan Gabriel Jesus, Ilkay Guendogan, serta Leroy Sane dan kami bakal terus melakukannya.”

“Saya senantiasa bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika di sepanjang musim 2016/2017 kami mempunyai Kompany, Jesus, dan Guendogan yang bisa selalu prima,” lanjut Pep.

“Kami kemungkinan takkan menjuarai liga, namun setidaknya kami mampu berival lebih baik. Jesus baru datang di Januari dan memberikan efek yang amat besar, namun dia cedera selama tiga bulan. Bersama Kompany, kami memainkan 7 laga dan memenangi semuanya. Alhasil amat krusial mempunyai pemain sepertinya di lini bertahan,” imbuhnya.

Guna membenahi skuatnya untuk mengarungi musim depan. Pendekatan City terbilang baik di bursa transfer tahun ini dengan mendatangkan Bernardo Silva (dari AS Monaco), Ederson (Benfica), dan masih akan ada pemain-pemain baru lainnya.